Tuesday 1 December 2015

Tips Penting Mempromosikan Bisnis di Instagram

Instagram adalah media yang hebat untuk mempromosikan bisnis kamu. Apalagi bisnis yang menawarkan produk visual menarik seperti baju dan aksesoris mode.

Instagram merupakan aplikasi jejaring sosial yang memungkinkan pengguna berbagi foto secara online dari ponsel. Berbeda dengan aplikasi jejaring sosial lainnya, fitur khas Instagram adalah membatasi foto ke bentuk persegi, mirip dengan Kodak Instamatic dan gambar Polaroid.

Instagram diciptakan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger. Diluncurkan pada Oktober 2010, layanan yang cepat mendapatkan popularitas ini digunakan oleh lebih dari 100 juta pengguna aktif per April 2012. Untuk itu, kenapa tidak memanfaatkan Instagram sebagai alat untuk mempromosikan bisnis kamu? Berikut lima cara ampuh untuk mendapatkan banyak pengikut (followers) dan meningkatkan visibilitas bisnis kamu di Instagram:


1. Konsisten memposting adalah kunci utama

Pelihara followers kamu dengan tetap terlibat dan mengambil perhatian pengikut baru dengan membagikan (posting) foto-foto produk bisnis kamu ke Instagram setiap hari. Posting beberapa foto produk bisnis kamu jika memungkinkan setiap hari. Jika tidak memiliki foto yang cukup unik, bertukar foto menarik lainnya secara online bisa kamu lakukan. Beri keterangan (quote) yang efektif karena pengguna yang tertarik dengan foto dan quote kamu cenderung akan memberikan komentar dan membagikan (tag) ke teman-temannya sehingga meningkatkan visibilitas profil Instagram bisnis kamu.

2. Gunakan kekuatan tanda pagar (#/hashtag)


Kategorikan semua posting kamu dengan tanda pagar (#) di kolom keterangan (caption). Tren frase hashtag dapat meningkatkan visibilitas konten kamu. Buathashtag unik untuk bisnis kamu dan posting secara berkala. Secara otomatis kategori unik memungkinkan pengguna dengan mudah menemukan foto-foto produk bisnis kamu melalui fitur pencarian Instagram.

3. Penawaran promosi khusus


Menawarkan promosi khusus ke followers kamu berupa potongan harga atau gratis untuk produk tertentu setelah memilih produk utama dapat dicoba. Minta pengguna Instagram berbagi foto produk bisnis kamu menggunakan hashtag untuk memenuhi persyaratan setiap promosi itu. Strategi ini pada dasarnya menghasilkan pemasangan gratis untuk bisnis kamu. Selain itu, pengguna baru diminta mengikuti profil kamu untuk mengambil bagian dalam promosi yang berikutnya sehingga kamu mendapatkan lebih banyak pelanggan yang potensial.

4. Bagikan secara silang (crosspost) profil Instagram Kamu


Fitur pencarian Instagram tidak memiliki fasilitas pencarian secanggih jejaring sosial lainnya seperti Facebook dan Google Plus. Oleh karena itu, sulit bagi pengguna untuk menemukan profil bisnis kamu kecuali mereka sudah tahu namanya. Untuk mengurangi efek ini, posting profil kamu secara otomatis ke Facebook, Twitter, dan Google Plus sehingga pengikut kamu di situs tersebut dapat dengan mudah menavigasi ke profil Instagram kamu.

5. Bagikan secara langsung stiker dan kartu nama


Berinvestasi dalam stiker murah dan kartu nama yang menampilkan nama Instagram bisnis kamu dengan hashtag unik. Bagikan kepada pelanggan atau siapa saja sehingga kamu juga beriklan di dunia nyata secara langsung. Beriklan secara lokal dengan menempatkan stiker di tempat-tempat umum yang biasa dilintasi pejalan kaki untuk mendapatkan perhatian dari pengguna Instagram lainnya dengan jumlah yang lebih besar. Promosi ini akan menginspirasi pengguna Instagram mencari profil bisnis kamu melalui ponsel mereka. Apakah kamu akan menggunakan Instagram untuk mempromosikan bisnis kamu? Selamat mencoba. (sumber:
metrotvnews.com)

No comments:

Post a Comment